1001 Cara Masak Daging Sapi Empuk & Lembut Ala Palmia

Bu, pasti kesal kan kalau capek-capek masak daging sapi, tapi ternyata teksturnya masih keras saat digigit? Rasa masakan juga jadi kurang nikmat. Nah, untuk menghindari kejadian tersebut, Palmia udah nyiapin nih beberapa cara masak daging sapi supaya empuk dan lembut! 

Baca: Variasi Resep Cemilan Isi Daging Sapi Buat Semarakkan Momen Idul Adha

Teknik Pemotongan

Cara yang pertama untuk membuat daging sapi empuk adalah dengan memperhatikan teknik pemotongannya. Potonglah daging sapi berlawanan arah serat ototnya. Dengan begitu, serat menjadi lebih pendek sehingga jadi mudah untuk dikunyah.

Gunakan Daun Pepaya 

Selain teknik pemotongan, cara berikutnya yang bisa Ibu WOW lakukan untuk masak daging sapi empuk adalah dengan menggunakan daun pepaya.

Pada daun pepaya terkandung enzim papain yang berguna untuk membuat daging lebih lunak. Cara kerjanya juga mudah saja. Ibu tinggal membalut daging sapi dalam selembar daun pepaya yang sudah dimemarkan. 

Baca juga: Tips Jitu Masak Sayur Agar Gizinya Nggak Ambyar!

Marinasi dengan Buah Nanas

Cara berikutnya, Ibu bisa memanfaatkan buah nanas. Di dalam buah ini, terkandung enzim bromelain yang bisa memutus ikatan rantai protein penyusun daging. Protein yang telah terputus ikatannya ini lah yang membuat tekstur daging menjadi empuk dan lunak.

Langkah yang harus dilakukan, cukup dengan merendam daging dengan parutan buah nanas selama 1-2 jam. Jangan terlalu lama ya, Bu, karena bisa mempengaruhi rasa daging saat dimasak nanti. 

Selain membuat daging lebih empuk, marinasi dengan buah nanas ternyata juga bisa menghilangkan bau amis lho. Ajaib ya!

Rendam dengan Teh

Cara masak daging sapi supaya empuk dan lembut juga bisa dengan merendam daging bersama teh yang berwarna pekat selama 30 menit. Kandungan tanin dalam teh, bisa menjadi pengempuk alami, Bu. 

Lumuri dengan Jahe

Mau pakai rempah dapur untuk mengempukkan daging? Bisa banget Bu, sediakan jahe aja! Di setiap ruas jahe, terkandung enzim proteolitik alami yang dapat berperan mengurangi ikatan protein agar empuk. 

Caranya, parut jahe secukupnya, lalu lumuri ke permukaan daging dan diamkan selama 30 menit sebelum dimasak.

Wah, ternyata banyak banget ya cara yang bisa dilakukan untuk memasak daging sapi yang empuk dan lembut. Bahan yang digunakan juga mudah ditemukan. Makin semangat deh menyiapkan hidangan daging untuk keluarga! Eits, Palmia Margarinnya nggak boleh kelupaan ya, Bu. Selamat memasak! 

Baca: Masakan Sehari-hari yang Enak Dikreasikan dengan Daging Sapi


Upload Resep Andalanmu

Beli Produk Palmia