Tips Jitu Masak Sayur Agar Gizinya Nggak Ambyar!

Kesalahan dalam memasak bisa membuat vitamin, serat, dan mineral yang terkandung dalam sayuran lenyap tanpa manfaat. Ada tips masak jitu nih untuk menghindarinya. 

Terdapat beberapa metode dalam memasak sayuran, mulai dari rebus, kukus, dan tumis. Beda metode, beda pula efek yang terjadi pada sayuran. Coba disimak yuk, apakah selama ini Ibu WOW sudah melakukan proses yang tepat dalam memasak sayuran?

Cuci Sayur dengan Air Mengalir

Sebelum mengolah sayuran, pastikan Ibu mencuci sayur terlebih dahulu. Jangan sekedar dicuci dengan air rendaman ya Bu, lebih baik dicuci dengan air mengalir supaya sisa pestisida dan kotoran yang menempel pada sayur, larut bersama air. 

Terlebih di masa pandemi, setelah dicuci dengan air mengalir, Ibu bisa melakukan langkah ekstra dengan cara merendam sayur dalam larutan air garam, air cuka, atau air soda kue selama beberapa menit. Jangan lupa dicuci lagi dengan air mengalir setelahnya ya, Bu.

Potong Besar-besar 

Bu, ternyata cara pemotongan juga termasuk tips masak yang menentukan seberapa banyak kandungan gizi bertahan pada sayuran lho. 

Potonglah sayuran dalam ukuran besar, karena memotong sayur dalam ukuran kecil dapat merusak gizi dan serat sayur. Saat dimasak pun, kandungan mineral dan vitamin juga lebih mudah hilang.

Bijak dalam Menentukan Porsi

Masak berulang kali dalam sehari memang bikin malas, sehingga memasak dalam porsi banyak kerap jadi pilihan. Namun, jangan terapkan hal yang sama dalam memasak sayuran ya Bu.

Tentukan porsi masak sayur yang bijak untuk mengurangi kebiasaan memanaskan kembali masakan. Karena proses pemanasan kembali pada sayuran dapat merusak gizi yang terkandung. 

Pilih Metode Masak yang Tepat

Pemilihan metode yang tepat dalam tips masak bisa meminimalisir berkurangnya kandungan gizi dalam sayuran. Simak cara masak yang tepat untuk tiap metodenya berikut ini ya, Bu.

-Rebus

Agar kandungan gizi dalam sayur terikat dengan baik, masukkan sayur ketika rebusan air mulai berbuih kecil, dan biarkan hingga air mendidih. Jangan biarkan mendidih terlalu lama.

-Kukus

Ini dia metode terbaik dalam mengolah sayuran. Jika Ibu mau mengukus beberapa jenis sayuran dalam satu waktu bersamaan, pastikan memilahnya ke dalam beberapa kelompok ya. Selanjutnya, tentukan waktu yang dibutuhkan dan kukuslah dengan api sedang.

-Tumis

Metode memasak dalam waktu singkat dengan api yang besar ini jadi salah satu pilihan untuk Ibu WOW yang mengincar rasa masakan gurih dan renyah. Selain itu, proses memasak dengan tumisan ternyata juga bisa mempertahankan vitamin dan mineral. Cukup gunakan sedikit minyak ya Bu, atau, bisa juga menumis dengan Palmia Margarin Serbaguna, kandungan vitamin A, B1, B2, B12, D, E, asam folat, dan niasin, bikin sayuran jadi makin nikmat dan bergizi. 

Baca juga: 1001 Cara Masak Daging Sapi Empuk & Lembut Ala Palmia

Itu dia beberapa tips masak sayur dari Palmia. Yuk mulai diterapkan, jangan sampai kandungan gizi dalam sayuran ambyar lagi yaaa!  


Upload Resep Andalanmu

Beli Produk Palmia