Cube Bread (with Smoked Beef filling)

Cube Bread (with Smoked Beef filling)

Gara-Gara Pandemi Saya baru saja mulai bekerja di kantor baru. Senang sekali rasanya, saat itu masuk bulan ke-tujuh saya bekerja di sana. Sangat kaget ketika pada bulan Maret 2020 yang lalu ternyata saya harus dirumahkan dahulu (Unpaid Leave) sampai waktu yang belum ditentukan. Tentunya harus putar otak mau buat apa di rumah yang bisa menghasilkan. Akhirnya saya memutuskan untuk beli oven dan belajar baking! Penuh trial and error hingga akhirnya sampai pada ide membuat cube bread ini, roti mini dengan isian smoked beef dan tepung panir yang membuatnya crispy. Ukuran dan bentuknya yang mini ini rasanya akan cocok sekali bila disajikan sebagai takjil di bulan Ramadhan yang akan datang. Royal Palmia Butter Margarine selalu menjadi pilihan saya untuk bahan baking karena rasa dan wanginya yang mirip sekali dengan butter dan tentunya lebih ekonomis. Ide cube bread ini mengadopsi roti butter roll yang mencapurkan cukup banyak butter kedalam adonannya dan roti pandesal ala Filipin yang diberi taburan tepung panir. Sekali waktu saya membuat resep ini dan ternyata keluarga saya suka sekali. Mulai dari situlah akhirnya saya mulai menjual roti ini ke tetangga, rekan kerja, dan dari mulut-ke mulut oleh keluarga saya. Jumlah penjualannnya belum bisa besar karena oven yang saya miliki ukurannya kecil dan masih menguleni dengan tangan karena belum punya mixer. Menguras tenaga tentunya, tetapi ada kesenangan sendiri ketika menggeluti bidang baru yang ternyata bisa menghasilkan juga bila ditekuni. Terima kasih Royal Palmia Butter Margarine atas kesempatan untuk saya berbagi cerita!

#ShareYourJourney

Bahan:

1. Poolish

- Tepung protein tinggi 85 gram

- Air 85 gram

- Sejumput ragi

2. Dough:

- Tepung protein tinggi 200 gram

- Ragi dua jumput

- Gula 15 gram

- Susu cair 100 gram

- Whip cream cair 30 gram

- Royal Palmia Butter Margarine 50 gram

- Garam 3-4 gram

3. Filling:

- Royal Palmia Butter Margarine 1 sdm

- Tepung protein sedang

+/- 2 sendok makan

- Susu cair 130 ml

- Smoked beef

+/- 5 lembar

- Keju Cheddar parut

+/- 30 gram

- Garam

- Lada

- Daun Parsley kering

4. Tambahan:

- Tepung panir

- Daun Parsley kering

Cara Membuat:

1. Campurkan seluruh bahan poolish, aduk rata. Simpan dalam wadah tertutup kedap udara (tandai tinggi awal adonan dengan karet) selama maksimal 10 jam atau hingga mengembang dua kali lipat.

* Untuk direct method, tambahkan jumlah tepung dan cairan poolish kedalam adonan: 285 gram tepung protein tinggi dan 215 gram susu cair, dan ragi ditambahkan menjadi 5 gram*

2. Campurkan poolish yang sudah mengembang dua kali lipat dengan bahan dough kecuali Royal Palmia Butter Margarine dan garam. Uleni hingga setengah kalis.

3. Tambahkan Royal Palmia Butter Margarine dan garam kedalam adonan lalu uleni hingga kalis elastis.

4. Setelah kalis elastis, istirahatkan adonan di tempat yang bersih dan tertutup kurang lebih 1 jam atau hingga mengembang dua kali lipat. (Jika ingin satu kali proofing, diistirahatkan sebentar saja)

5. Membuat isian:

Potong kotak-kotak kecil lembaran smoked beef dan parut keju.

6. Panaskan wajan, kemudian masukan Royal Palmia Butter Margarine. Setelah leleh, masukan dua sendok tepung dan aduk rata.

7. Tuangkan susu cair, lalu masukkan keju dan smoked beef.

8. Tambahkan garam, lada, dan daun parsley sambil cek rasa. Masak hingga matang dan mengental.

9. Setelah matang dan agak dingin, bagi menjadi 24 bola-bola supaya mudah saat mengisi roti nanti. Gunakan sendok untuk membentuk, lalu simpan isian di freezer.

10. Roti: Setelah adonan cukup istirahat, bagi menjadi 24 bagian masing masing 22 gram adonan. Setelah itu, bulatkan adonan, gunakan tepung jika diperlukan.

11. Berikan isian yang sudah disiapkan, lalu cubit ujungnya agar tertutup rapat.

12. Siapkan wadah berisi air dan wadah berisi tepung panir. Celupkan adonan yang sudah di isi kedalam air lalu gulingkan kedalam tepung panir. Letakkan dalam loyang sekat dengan besar sekat 5x5 cm (*Saya menggunakan 1 loyang 20x20 cm dengan 16 sekat dan 1 loyang 10x20 cm dengan 8 sekat)

13. Proofing roti hingga mengembang 2 kali lipat kurang lebih 1 jam. Setelah mengembang, taburkan parsley kering di bagian atasnya.

14. Panaskan oven 170 derajat Celcius selama 10-15 menit.

15. Oven dengan suhu 165 derajat Celcius api bawah selama 25 menit, lalu dilanjutkan api atas 15 menit hingga bagian atas roti terlihat kecoklatan. (Suhu dan waktu oven silahkan sesuaikan dengan oven masing-masing)


Bolu All In One

Bolu All In One

Ikuti step by step agar hasilnya bisa maksimal

Cookies Putri Salju Oreo

Cookies Putri Salju Oreo

Sebagai seorang ibu rumah tangga yang full time untuk keluarga saya harus serba bisa dalam segala hal.Mendidik dan mengarahkan anak untuk masa depan yang berprestasi dan menyediakan segala keperluan anak dan suami di rumah.Walaupun sebagai ibu rumah tangga,seorang istri juga bisa membantu suami mencari nafkah untuk membantu perekonomian keluarga.Salah satu contohnya dengan membuka usaha kue kering untuk lebaran,selain memperkecil pengeluaran di Hari Raya,juga menambah penghasilan untuk keluarga.Itulah wonder women versi saya.

SHRIMP OYSTER SAUCE PUFF

SHRIMP OYSTER SAUCE PUFF

Ingin ngemil yang gurih-gurih? Coba resep puff yang satu ini yuk, dengan bahan seafood kesukaanmu pasti lebih lezat.

Palmia
Fried Choconana

Fried Choconana

Fried Choconana adalah Pisang Coklat Meler yang berbeda karena kali ini bukan cuman rasa manis dan refreshing dari pisangnya tapi juga ada hint asin gurih dari Margarin Palmia!

Upload Resep dan Ceritamu

Beli Produk Palmia