Serupa Tapi Tak Sama, Tips Masak Bulgogi VS Yakiniku

Ibu WOW pasti sudah familiar dengan kedua menu ini, sama-sama masakan daging sapi yang diolah dengan cara dipanggang dan memiliki tampilan yang serupa. Tapi, ternyata kedua menu ini berbeda sekali loh, Bu.

Masakan daging sapi seperti Bulgogi dan Yakiniku, memang sudah sangat terkenal di dunia BBQ ala Asia. Bulgogi yang berasal dari Korea Selatan dan Yakiniku yang berasal dari Jepang, biasanya menggunakan bagian daging sapi yang bervariasi. Kira-kira apa aja sih perbedaan antara kedua masakan daging sapi ini? Yuk, kita cek!

1. Bumbu

Bumbu dasar yang digunakan kedua masakan daging sapi ini cukup mirip, yaitu kecap asin. Bulgogi menggunakan kecap asin, bawang putih, bawang bombay, jahe, minyak wijen, lada hitam, dan bumbu gochujang untuk marinasinya. Sedangkan, Yakiniku dimarinasi menggunakan kecap asin Jepang, sake, bawang putih, kecap manis, gula, dan minyak.

2. Cara Masak

Bulgogi membutuhkan waktu marinasi yang lebih lama dibandingkan Yakiniku. Setidaknya, butuh waktu selama 5 jam hingga akhirnya bumbu dapat meresap ke dalam daging. Untuk Bulgogi, tips masaknya adalah dengan dipanggang di atas hot plate sehingga menghasilkan sedikit kuah yang membuat daging lebih juicy.

Yakiniku tidak membutuhkan waktu marinasi yang lama, beberapa saat setelah dicampur dengan bumbu, daging Yakiniku bisa langsung dipanggang di atas bara api.

3. Rasa

Dalam hal rasa, kedua masakan daging sapi ini memiliki perbedaan. Bulgogi memiliki rasa yang lebih manis karena adanya campuran gochujang yang berbahan dasar beras ketan dan bumbu cabai Korea yang difermentasi. Sedangkan, Yakiniku memiliki rasa yang cenderung manis gurih.

4. Tampilan

Ketika dimasak, daging Bulgogi memiliki warna yang lebih pucat dibandingkan Yakiniku, hal ini terjadi karena Bulgogi dimasak di atas hot plate, berbeda dengan Yakiniku yang dimasak langsung di atas bara api.

5. Cara Penyajian

Cara makan kedua masakan daging sapi ini pun ada caranya masing-masing. Umumnya, Bulgogi disantap dengan cara digulung bersama selada dan diberikan sedikit gochujang atau kimchi di atasnya. Sedangkan Yakiniku biasanya disajikan dengan beberapa saus celupan dan nasi.

Itu dia beberapa perbedaan mendasar antara kedua masakan daging sapi di atas. Jadi, Ibu WOW Tim Bulgogi atau Tim Yakiniku, nih? Apapun yang Ibu pilih, Palmia punya resepnya, dicoba yuk resep Bulgogi dan Beef Yakiniku ini.

Selalu gunakan Palmia Margarin setiap membuat masakan daging sapi ya, Bu, submit juga hasil masakan daging sapi Ibu ke www.Palmia.co.id.

Baca juga: WOW Banget! Resep Nasi Goreng Merah Khas Makassar

 


Upload Resep dan Ceritamu

Beli Produk Palmia