Macam-Macam Rempah di Bumbu Bali

Indonesia kaya akan macam-macam rempah yang bisa memberikan cita rasa dan aroma yang khas seperti dalam hidangan kuliner Bali. Bila Anda termasuk penikmat bebek atau ayam betutu, Anda tentu tak asing lagi dengan rasa rempahnya yang tajam dan nikmat. Biasanya, rempah-rempah yang digunakan dalam masakan Bali itu jarang dipakai dalam masakan lain. Beberapa diantaranya bisa kamu ketahui dibawah ini.

Tabia Bun 

 

Adalah bahasa Bali dari cabe jawa. Ini adalah salah satu dari sekian macam rempah untuk membuat bumbu Bali. Teksturnya berupa bulir-bulir kecil yang menyatu dan membentuk memanjang kira kira 4 sampai 5 cm. Tabia bun yang sudah matang akan berwarna menjadi merah, namun Anda akan sering menemui yang sudah kering dan berwarna hitam. Berbeda dengan cabai biasa, tabia bun tidak terasa pedas melainkan terasa hangat seperti jahe.

 

Jangu

 

Punya nama lain jeringau atau dlingo, adalah tanaman herbal. Bagian yang dimanfaat untuk memasak adalah bagian rimpang atau akarnya. Bentuknya agak petak bulat keras dengan panjang ruas 1-3 cm. Untuk rimpang jangu yang segar, ukurannya kira-kira sebesar tangan dan isinya berwarna putih. Tetapi jika dalam keadaan kering, warnanya merah muda. Rasanya pun tajam, pedas dan sedikit pahit di lidah walau tidak panas. Bila ingin di simpan, letakkan di tempat yang kering agar bisa bertahan lama.

 

Bangle

 

Atau dalam bahasa Bali disebut Banggele adalah salah satu rempah yang digunakan untuk bumbu Bali. Tumbuhan ini punya bunga yang berbentuk seperti bonggol jagung berwarna hijau kemerahan dengan daun hijau panjang dan lancip.

 

Sering tumbuh di sekitar kita, bagian tumbuhan yang biasa dijadikan bumbu adalah bagian rimpangnya. Baunya khas aromatik dan terasa agak pahit serta pedas. Selain untuk memperkuat rasa dalam masakan Bali, bangle juga ternyata bisa membantu menambah nafsu makan lho. 

 

Ketiga rempah tersebut digunakan dalam bumbu dasar Bali yang disebut base wangen. Ditambah merica hitam, merica putih, pala, cengkeh, kemiri, ketumbar, menyan dan jeruk bali, semuanya diuleg hingga halus baru ditumis sampai harum dengan minyak kelapa.


Bila Anda bingung menikmati mau berkreasi apa dengan bumbu ini, coba yuk resep Tuna Bumbu Kalas Sambal Mbe kreasi salah satu Palmia Fans.


Upload Resep Andalanmu

Beli Produk Palmia