Macam-Macam Kue Kering Goreng yang Mudah Cara Bikinnya

 

Ada begitu banyak macam kue kering yang digoreng. Kebanyakan adalah kue tradisional yang memang pada saat dulu tak banyak yang menggunakan oven. Selain itu, kue goreng pun praktis dibuat dan tahan lama sehingga aman jika membuatnya sekaligus banyak untuk stok dalam toples. Bila Anda yang tidak memiliki oven di rumah, membuat kue kering goreng adalah alternatif lainnya untuk bisa membuat camilan yang lezat. Apa saja macamnya? Simak selengkapnya di artikel ini ya.

 

Kue Untar Untir atau Kue Tambang 

Salah satu macam kue kering satu ini bentuknya seperti tali tambang. Bentuknya yang seperti tali tambang, akhirnya jadi asal-usul penamaan kue ini. Rasanya yang asin-gurih dengan sedikit rasa manis sangat cocok untuk cemilan, apalagi teksturnya yang renyah bisa bikin Anda tidak bisa berhenti mengunyahnya sampai habis. Gunakan juga Royal Palmia Butter Margarin agar kue tambang buatanmu lebih kaya rasa dan beraroma.

 

Kue Keciput

Kue kering dengan bentuk seperti onde-onde kecil ini adalah oleh-oleh khas kota Kudus. Ada dua macam bentuk kue keciput, yaitu bulat lingkaran atau bulat memanjang yang dimana seluruh permukaannya keduanya dibalut biji wijen. Cita rasanya sangat khas dari biji wijen, manis (ringan), sedikit gurih, dan sangat renyah. 

Tips membuatnya, uleni adonan yang menggunakan Royal Palmia Butter Margarin hingga kalis (jangan sampai kaku) supaya biji wijen dapat menempel sempurna dan tidak lepas ketika digoreng. Tambahkan sedikit air hingga adonan jadi empuk/lembek kembali bila adonan sudah terlanjur kaku. 

 

Kue Bawang

Ini dia salah satu macam kue kering asin-gurih yang populer. Sesuai dengan namanya, kue ini memiliki cita rasa kuat dari bawang. Anda juga mudah mengenali kue bawang ini dari ciri khas lain, yaitu daun seledri cincang yang berlimpah. Tak hanya mempercantik penampilan kue, rasanya pun makin lezat. Anda bisa menambahkan bubuk bawang putih bila ingin aroma bawang yang lebih kencang. Tapi tentunya tetap sesuaikan dengan selera keluarga ya. 

 

Biji Ketapang

Terkenal jadi salah satu camilan wajib saat lebaran dan oleh-oleh khas Betawi, biji ketapang punya rasa manis dan gurih yang berasal dari campuran santan serta kelapa parut. Bentuknya yang serong seukuran dadu sangat renyah saat disantap, bahan serta cara membuatnya pun terbilang cukup sederhana. 

Bila Anda ingin mencoba membuat biji ketapang, ingatlah beberapa tips berikut ini. Pilin adonan di meja dapur yang sudah ditaburi dengan terigu agar tidak lengket. Lalu gunakan api kecil saat menggoreng, ini bertujuan agar kue biji ketapang bisa matang sempurna sampai ke dalam. Pastikan Anda tidak menggoreng sekaligus banyak karena nantinya akan berbuih banyak.

 

Kembang Goyang

Punya aroma vanilla yang cukup kuat dengan tampilan cantik layaknya bunga membuat kue kembang goyang punya banyak penggemar. Apalagi teksturnya yang renyah dan terasa manis di lidah. Dan untuk bisa membuatnya, Anda membutuhkan alat cetakan khusus. Menggoreng dengan cetakan inilah yang jadi asal usul nama kembang goyang. Untuk membuatnya, Anda harus mencelupkan cetakan ke adonan kemudian langsung masukkan ke dalam minyak panas di penggorengan sambil digoyang-goyang agar adonan lepas dari cetakan.

 

Nah, dari semua macam kue kering goreng tradisional di atas, mana nih yang jadi favorit keluarga? Anda juga bisa membuat kue kering yang lebih modern dengan tambahan kacang-kacangan lho. Cek yuk apa saja kacang yang cocok untuk membuat kue dan resep-resepnya di sini


Upload Resep Andalanmu

Beli Produk Palmia