Cara Tepat Pilih Salmon Berkualitas Baik

Ingin membuat hidangan spesial dari daging ikan salmon seperti resep Salmon Baked Mushroom Sauce atau Pea Puree And Crispy Salmon? Tapi takut salmon yang Anda pilih, kualitasnya kurang bagus sehingga rasa dan teksturnya nanti akan berbeda dari ekspektasi? Jangan takut, Anda bisa memilih daging salmon yang segar dan berkualitas baik dengan cara mudah berikut ini.

 

  1. Perhatikan Warna dan Tekstur Daging

 

Saat membeli ikan salmon, terutama fillet, pilihlah daging yang punya warna orange cerah dan merata serta bertekstur lunak namun tidak mudah hancur. Salmon yang sudah tidak segar warna dagingnya cenderung tak merata karena bagian atas daging akan berwarna lebih gelap. 



  1. Bau Ikan Tidak Amis

 

Ikan salmon memiliki bau yang segar dan tak begitu amis berbeda dengan ikan lain yang bau amisnya begitu menyengat. Jadi, bila Anda membeli salmon di pasar dan aroma sudah tak sedap dan sangat amis, bisa dipastikan salmon sudah tak segar dan kualitasnya sudah menurun.

 

  1. Perhatikan Warna Insang dan Kulitnya

 

Selain dua poin di atas, Anda juga dapat membedakan salmon segar dan yang tidak segar melalui warna insang serta sisiknya. Ikan salmon segar memiliki warna insang yang merah segar dan memiliki kulit dengan sisik berkilau dan lembab. Jika insang berwarna pucat maka berarti salmon sudah tak segar lagi. 

 

  1. Pilih yang Tidak Berair

 

Jika ingin membeli ikan salmon fillet yang sudah dikemas, coba miringkan dan periksa apakah ada air yang terkumpul di sudut kemasan atau tidak. Air yang ada di kemasan adalah salah satu hal yang membuat kualitas ikan menurun. Jadi pilihlah potongan ikan yang tidak mengandung air di dalamnya. 

 

Ingat, selalu periksa sendiri kesegaran ikan yang Anda beli dengan cara di atas. Kelezatan suatu masakan tak hanya didapat dari racikan bumbu yang tepat tapi juga kualitas bahan-bahannya. Selamat memasak, Palmia Fans!


Upload Resep Andalanmu

Beli Produk Palmia