Ternyata Ini Bedanya Baking Soda dan Baking Powder

Saat membuat kue, Ibu pasti mendambakan kue dengan tekstur lembut & mengembang sempurna. Salah satu tips masak agar bisa membuat kue yang seperti itu adalah dengan menggunakan baking powder atau baking soda

Keduanya sama-sama berfungsi untuk mengembangkan kue, tekstur dan warnanya pun sama, lantas, apa bedanya kedua bahan tersebut? Simak penjelasannya di artikel Palmia ini ya. 

Bahan Baku

Baking soda dan baking powder sama-sama berfungsi sebagai pengembang kimiawi. Bedanya, baking soda dibuat dari 100% natrium bikarbonat yang punya sifat basa. Sementara itu, baking powder dibuat dengan mencampur natrium bikarbonat dengan bahan-bahan lain seperti krim tartar yang memiliki sifat asam. Jangan salah pilih untuk kebutuhan resep kue enak Ibu ya.

Penggunaan

Baking soda cocok untuk dikombinasikan dengan bahan lain yang bersifat asam seperti cuka, yoghurt, sour cream, dan lemon. Sedangkan baking powder yang sudah sedikit asam, bisa aktif hanya dengan penambahan air. Untuk menghasilkan resep kue enak yang maksimal, jangan campurkan baking powder dengan bahan yang bersifat asam ya, Bu.

Pengaruh pada Rasa

Nah, tips masak yang ini penting banget Bu. Jika Ibu mau membuat resep kue enak dengan menggunakan baking powder, pastikan takarannya pas, tidak berlebih. Salah takaran bisa membuat kue yang Ibu buat terasa pahit ketika selesai dipanggang. Lain halnya dengan baking soda, Ibu nggak perlu khawatir karena baking soda tidak akan mempengaruhi rasa bila takarannya berlebih.

 

Jika sudah paham akan bedanya dua jenis pengembang kue ini, sekarang saatnya Ibu praktek masak dengan berbagai resep kue enak yang ada di website www.Palmia.co.id. Selamat mencoba!

Baca juga: Cara Membuat Nastar WOW Cuma Pakai Teflon


Upload Resep dan Ceritamu

Beli Produk Palmia