Sayuran Yang Enak Untuk Sup, Enak Juga Untuk Jus

 

Kata siapa sayuran hanya enak ditumis atau dibuat sup untuk lauk. Anda juga bisa lho berkreasi membuat minuman dari sayuran. Eits, tapi tidak semua sayuran cocok dibuat minuman lho. Salah-salah, rasanya malah pahit dan terlalu banyak seratnya. Untuk itu ketahui dulu apa saja sayurannya di bawah ini ya.

 

Sayuran Hijau

Banyak sayuran hijau yang dapat dibuat jus. Beberapa diantaranya yang baik diminum setiap hari adalah minuman dari sayuran bayam, sawi, kale, selada Romaine, selada air, kubis Cina, brokoli dan peterseli. Sayuran ini punya kandungan vitamin dan mineral yang tinggi seperti vitamin A, vitamin C, folat, kalium, zat besi hingga zink. 

 

Bit

Warna merah menyala dari buah bit yang terlihat menarik tentu bikin Anda makin semangat minum minuman dari sayuran. Bit sendiri terkenal karena kandungan kalsium, zat besi, vitamin C serta beta karoten yang baik untuk tubuh. Agar jus bit Anda tidak terlalu kental, tambahkan beberapa sayuran lain yang mengandung lebih banyak air ya.

 

Wortel

Anda tentu sering menemui minuman dari sayuran yang kaya akan vitamin A ini di tempat yang menjual jus siap minum. Yapp, berbeda dengan sayuran lain yang harus dicampur dengan sayur atau buah-buahan lain karena rasanya yang cenderung pahit, wortel sendiri punya rasa yang manis. Jadi, tak heran banyak penjual jus yang menjajakan jus wortel ini. 

 

Tomat

Sama seperti wortel, Anda tentu tidak asing melihat minuman dari sayuran yang satu ini. Punya rasa asam alami sekaligus manis membuat jus tomat banyak penggemarnya. Apalagi tomat terkenal dengan vitamin A dan C serta kaya akan antioksidan yang baik untuk kesehatan. 

 

Seledri

Ini dia minuman dari sayuran yang lagi digemari banyak orang belakangan ini. Seledri punya kandungan air yang tinggi serta kandungan zat besi dan magnesium yang sama tingginya. Kandungan gula serta kalorinya yang rendah pun jadi salah satu alasan mengapa banyak yang suka dengan jus seledri. Tapi ingat ya, Palmia Fans, seledri yang digunakan adalah seledri impor yang punya batang besar, bukan seledri yang berbatang kecil.

 

Tips membuatnya 

Sebaiknya gunakan blender untuk mengolah minuman dari sayuran dibanding menggunakan juicer. Selain karena kandungan seratnya akan tersaring bila menggunakan juicer, beberapa sayuran pun akan jadi sulit dicerna oleh tubuh dan berpotensi menimbulkan kembung bahkan kram seperti brokoli dan kembang kol.

Karena beberapa sayuran akan terasa cenderung pahit dan agak langu, sebaiknya kombinasikan jus sayuran dengan buah-buahan. Pilih buah-buahan yang terasa manis agar jus sehat Anda terhindar dari kelebihan gula seperti berikut :

  • Sayuran hijau :  campurkan dengan buah-buahan yang terasa manis sekaligus asam apel, kiwi atau mangga. Atau bisa juga menambahkan madu, susu atau yoghurt agar rasanya lebih nikmat.
  • Bit : menambahkan sedikit jahe pada jus bit bisa memberi sensasi hangat dan nikmat sekaligus, apalagi dengan mengkombinasikannya dengan sayuran hijau, wortel atau timun.
  • Tomat : meski tetap terasa enak walau di jus tanpa tambahan apapun, Anda tetap bisa mencoba menambahkan seledri, wortel, bit atau timun dalam jus tomat favorit Anda.
  • Seledri : Sama seperti jus sayuran sebelumnya, kombinasikan jus seledri dengan sayur-sayuran dan buah di atas seperti timun, wortel, tomat, apel atau perasan air lemon.

 

Nah itu dia beberapa sayuran yang bisa dijadikan minuman. Tapi bila lidah sedang ingin yang gurih-gurih, tidak ada salahnya membuat tumis sayur dengan Palmia Margarin Serbaguna. Yuk cek Inspirasi Resep Sayur Tumis Untuk Makan Siang Anak.

 


Upload Resep Andalanmu

Beli Produk Palmia