Cara Membedakan Margarin dan Butter

 

Pastinya Anda sering menggunakan margarin dan butter di rumah tapi apakah Anda tau bahwa margarin dan butter ini berbeda? Yuk ketahui apa perbedaan dua bahan tersebut di artikel berikut.

Masih banyak orang yang menganggap margarin dan butter adalah satu jenis yang sama. Faktanya margarin dan butter memiliki perbedaan, baik dari bahan pembuatan maupun kegunaannya.

Margarin terbuat dari lemak nabati yang dicampur dengan pengemulsi dan bahan-bahan lainnya sehingga membentuk krim setengah dan memiliki tekstur yang lebih kaku dibandingkan butter. Margarin memiliki warna kuning terang. Tidak mudah leleh dalam suhu ruangan, lebih tahan lama dan memiliki rasa yang cenderung asin.

Margarin mengandung lemak tak jenuh yang kaya akan Omega 3 dan Omega 6 yang bagus untuk kesehatan. Walaupun begitu ada beberapa jenis atau merk margarin yang mengandung lemak trans yang merupakan kolesterol jahat.

Teksturnya yang lebih padat dari mentega membuat margarin cocok digunakan untuk membuat kue seperti cake dan kue basah lainnya. Margarin juga sering digunakan untuk menumis dan menggoreng. Dengan menggunakan margarin seperti Palmia Margarine Serbaguna Anda akan mendapat hasil gorengan yang lebih renyah dan gurih dibandingkan menggoreng dengan minyak.

Berbeda dengan margarin, mentega terbuat dari lemak hewani yang biasanya berasal dari krim susu atau lemak susu. Mentega memiliki tekstur yang lebih lembut dibanding margarin, sehingga mudah meleleh di suhu ruangan.

Mentega memiliki warna yang cenderung pucat dan memiliki aroma khas yang enak. Biasanya mentega digunakan untuk membuat cookies agar mendapatkan hasil yang ringan.

Untuk resep yang memerlukan margarin dan mentega Anda, tidak perlu membeli margarin dan mentega secara terpisah. Karena Palmia memiliki produk yang membuat  baking lebih praktis, yaitu Palmia Butter Margarine.

 


Upload Resep Andalanmu