Beda Sambal Matah & Sambal Embe Bali, Mau Yang Mana?

Sambal Matah dan Sambal Embe adalah dua dari berbagai jenis sambal Bali yang wajib Anda coba. Apalagi bila Anda adalah pecinta kuliner pedas dan merasa tak lengkap rasanya bila makan berat tanpa sambal.

 

Tak harus datang ke restoran yang menyajikan masakan Bali, Anda pun bisa membuat sendiri di rumah. Tapi ketahui dulu yuk perbedaan kedua sambal tersebut.

 

Sambal Matah 

 

Sambal matah adalah salah satu sambal yang begitu populer bagi para wisatawan Bali. Wajar bila sekarang banyak sekali kreasi kuliner yang dipadukan dengan sambal matah. Sesuai dengan namanya yang berarti ‘mentah’ atau belum dimasak, sambal matah memiliki keunikan dari segi penyajian dan pembuatannya, yaitu menggunakan bahan-bahan mentah.

 

Siapkan bawang merah, cabai (bisa menggunakan cabai rawit untuk rasa pedas yang lebih menggigit), daun sereh dan daun jeruk lalu iris-iris tipis semua bahan. Untuk daun jeruk, buang batangnya terlebih dahulu, baru diiris tipis daunnya. Campur semua bahan kemudian tambahkan perasan jeruk nipis, garam dan minyak kelapa secukupnya. Anda juga bisa menambahkan irisan kecombrang untuk rasa yang lebih nikmat..

 

Rasa pedas asam yang segar ini cocok disajikan dengan nasi panas dan Anda bisa menikmatinya bersama ayam yang dipanggang dengan Palmia Garlic Margarin atau ayam betutu. Anda juga bisa mencoba salah satu Resep Dengan Sambal Matah kreasi Palmia Fans lho.



Sambal Embe

 

Bila sambal Matah menggunakan bahan-bahan mentah, sambal Embe yang semua bahannya matang karena sudah ditumis terlebih dahulu. Jadi Anda bisa mendapatkan sensasi garing saat menikmatinya. Ini adalah salah satu sambal yang wajib Anda cicipi saat berada di Bali selain sambal matah diatas. 

 

Untuk membuatnya, Anda perlu menyiapkan bawang merah, bawang putih dan cabai yang sudah dirajang lalu goreng dengan minyak kelapa. Angkat, lalu campurkan dengan garam dan terasi yang sudah dibakar sebelumnya. Terakhir, siram dengan air perasan jeruk limo. Sambal Embe ini bisa bertahan hingga 2-3 hari dan cukup disiram dengan minyak panas saja untuk dinikmati kembali.

 

Nah, jadi diantara 2 sambal ini, mana nih yang ingin Anda coba untuk makan siang hari ini? 

 


Upload Resep Andalanmu

Beli Produk Palmia