Trik Bikin Soufflé, Si Dessert Mungil yang Sulit Dibuat

 

Soufflé adalah salah satu dessert yang bisa dibilang teknik pembuatannya cukup sulit karena hanya bisa dikatakan sukses bila soufflé mengembang sempurna, ringan dan pada bagian dalamnya masih lembut, moist, atau bahkan masih meleleh. Untuk itu, soufflé membutuhkan keahlian dan ketelitian tinggi dalam pembuatannya. Tapi Anda jangan menyerah dulu, simak dulu tips berikut ini bila Anda penasaran ingin mencoba membuat sendiri di rumah. 

 

Perhatikan Putih Telur

Gunakan putih telur bersuhu ruangan dan wadahnya haruslah bersih. Kenapa putih telur yang harus diperhatikan? Karena yang membuat soufflé Anda mengembang adalah meringue atau kocokan putih telurnya. Meski bertujuan untuk memasukkan banyak udara sehingga soufflé dapat mengembang namun jangan terlalu lama dan kencang mengocok meringue sehingga adonan menjadi overwhip. Kocoklah hingga mencapai stiff peak, yakni kocokan terlihat foamy dan ketika diangkat terasa lembut. 

 

Oles Palmia Margarin Serbaguna

Umumnya, adonan soufflé dimasukkan ke dalam mangkuk keramik tahan panas atau ramekin sehingga saat soufflé matang, dapat langsung disajikan. Agar cake bisa naik melampaui ramekin dan mengembang dengan sempurna, oles Palmia Margarin Serbaguna secara horizontal untuk membantu adonan soufflé naik ke atas. Setelah diolesi Palmia Margarin Serbaguna, taburi ramekin dengan gula kastor agar ketika memanggang di oven, adonan tidak lengket di ramekin. 


Soufflé yang baru keluar dari oven akan mengembung sempurna, namun mengempis beberapa saat kemudian jika terkena udara. Jadi, segera nikmati soufflé buatan Anda ya. Jangan lupa gunakan tips di atas. Happy baking, Ibu Luar Biasa!


Upload Resep Andalanmu

Beli Produk Palmia