Tips Membedakan Daging Sapi dan Daging Kerbau

Meski daging sapi dan kerbau jarang disajikan dalam masakan sehari-hari, tapi kedua daging ini selalu mendominasi dalam perayaan hari-hari besar, seperti Idul Adha. Oleh karena itu, tak ada salahnya Ibu WOW mengetahui tips masak untuk membedakan kedua daging ini agar tak salah dalam pengolahannya.

Perbedaan daging sapi dan daging kerbau sebenarnya mudah untuk dilihat. Secara fisik, kedua jenis daging ini memang tampak mirip, tapi jika diperhatikan secara seksama, maka akan terlihat perbedaan yang sangat jelas. Simak poin-poin berikut ini ya.

Warna 

Tips masak pertama untuk membedakan daging sapi dan kerbau adalah dengan melihat warnanya. Walau sama-sama berwarna merah, jika dilihat lebih teliti, maka akan terlihat perbedaannya. Daging sapi memiliki warna kemerahan yang pucat, sedangkan daging kerbau berwarna merah pekat yang lebih terang.

Tekstur & Serat

Selain warna, Ibu WOW juga bisa membedakannya dari tekstur dan serat daging sebelum dimasak. Sapi dan kerbau memiliki genetik yang berbeda. Serat otot kerbau lebih besar dan tebal dibanding sapi. Itulah mengapa daging kerbau memiliki tekstur daging yang lebih liat atau keras dengan serat yang tebal, sedangkan daging sapi lebih lembut dan memiliki serat yang tipis dan halus. 

Tak heran, jika daging sapi lebih jadi pilihan Ibu WOW jika mau menyajikan daging sebagai masakan sehari-hari, karena lebih mudah dikonsumsi untuk semua umur.

Aroma

Tips masak terakhir untuk bisa membedakan daging sapi dan kerbau adalah dengan mengendus baunya. Daging sapi memiliki bau yang tidak begitu ketara, lain halnya dengan daging kerbau, meski tidak se-menyengat bau daging kambing, aroma daging kerbau lebih mudah tercium saat Ibu mengendusnya.

Wah, ternyata tips masak membedakan daging sapi dan kerbau mudah sekali ya, Bu. Yang mana daging favorit keluarga Ibu WOW? Apapun pilihan dagingnya, pastikan dimasak pakai Palmia Margarin ya.

Baca: Aneka Resep Cemilan Berbahan Daging Sapi untuk Pemula

 


Upload Resep dan Ceritamu

Beli Produk Palmia