Rahasia Teknik Pengukuran dalam Baking

Anda pernah mengalami kue kurang mengembang, terlalu manis, tekstur yang tidak tepat atau kue terlalu keras? Kejadian tersebut bisa membuat stress, hingga Anda enggan membuat kue lagi karena takut gagal. Membuat kue sebenarnya tidak sesulit yang Anda bayangkan. Kali ini Palmia akan berbagi rahasia teknik pengukuran dalam baking agar kue yang Anda buat lezat dan bisa dinikmati keluarga tercinta.

 

Takaran Bahan Baku Kue

Dalam beberapa resep ada yang memberi takaran bahan baku dalam ukuran cup. Tetapi lebih baik Anda mengubahnya ke dalam gram. Karena, massa adalah cara yang paling akurat untuk mengukur bahan. Jadi penting untuk selalu mengimbang bahan sesuai takaran yang ada di dalam resep.

 

Gunakan Tepung yang Tepat

Ada tiga jenis tepung yang biasa dipakai untuk membuat kue. Yaitu tepung protein rendah, sedang dan tinggi. Ketiga jenis tepung ini memiliki fungsi yang berbeda, karena mengandung tingkat gluten yang berbeda. Pada kemasa biasanya sudah dituliskan keterangan fungsi dari tepung itu sendiri. Selain tepung terigu juga terdapat jenis tepung lainnya yaitu tepung beras, tepung ketan, tepung sagu dan tepung maizena yang terbuat dari jagung. Anda perlu memperhatikan fungsi-fungsi dari tepung tersebut agar tidak salah saat memakainya untuk membuat kue.

 

Mencampurkan Bahan Baku

Hal yang paling dasar dalam pembuatan kue adalah pencampuran bahan baku dalam urutan tertentu yang menyebabkan reaksi kimia. Teknik pencampuran yang benar dan penggunaan Palmia Butter Margarine dalam adonan, akan mendapatkan kue yang lembut, tekstur yang halus dan tingkat kelembaban yang pas. Teknik yang paling sederhana adalah memisahkan bahan kering dan bahan basah lalu menyatukan keduanya. Lalu teknik berikutnya adalah mengaduk adonan perlahan untuk ‘memasukan’ udara ke dalam adonan. Teknik ini dilakukan agar volume kue mengembang dengan sempurna. Pastikan anda juga mengikuti urutan pencampuran bahan yang diinstruksikan dalam resep.


Upload Resep Andalanmu