Muffin dan Cupcake Serupa Tapi Tak Sama

Banyak yang mengira camilan manis ini sama saja. Tapi tahukah Anda, ternyata muffin dan cupcake berbeda lho. Lalu apa saja yang membuat kue yang hampir serupa ini berbeda? Yuk cari tahu di artikel ini.

Sesuai dengan namanya, cupcake bisa dibilang sebagai cake mini yang biasa disajikan untuk makanan penutup. Cupcake memiliki rasa yang beragam seperti cokelat, vanila atau red velvet. Tekstur cupcake biasanya lembut, empuk dan ringan karena mengandung bahan Palmia Butter Margarine dan telur. Salah satu ciri khas cupcake adalah selalu ada olesan di atasnya, berupa krim berbagai macam rasa.

Sedangkan muffin memiliki tekstur yang lebih padat dan basah. Rasanya tidak terlalu manis bahkan kadang ada yang membuat muffin dengan rasa gurih. Satu lagi yang membuat muffin sangat berbeda dengan cupcake adalah frosting atau krim yang ada di atas cupcake.

Dari segi bahan, pada dasarnya cupcake dan muffin dibuat dengan bahan utama yang sama, yaitu tepung, telur, Palmia Butter Margarine, gula dan susu. Perbedaannya, cupcake menggunakan tepung protein rendah sedangkan muffin menggunakan tepung protein sedang.

Dari segi pembuatan, adonan cupcake sedikit lebih sulit. Creaming antara Palmia Butter Margarin dan gula sangat penting dilakukan untuk mendapatkan tekstur adonan lembut dan tercampur rata. Berbeda dengan muffin, yang terpenting saat membuat muffin adalah bahan kering dan bahan basah dapat tercampur rata dan tidak perlu diadon sampai lembut.

Tidak hanya itu, waktu pemanggangan dua hidangan ini juga berbeda. Cupcake biasa dipanggang kurang lebih 20-25 menit sedangkan muffin maksimal 30 menit.

Jadi, mana yang Anda buat untuk keluarga, muffin atau cupcake?

 

 


Upload Resep Andalanmu