Kenali Bagian Daging Kambing & Cara Mengolahnya

Usai Idul Adha, stok daging di rumah tentu lebih banyak. Sebelum mengolahnya jadi berbagai macam hidangan yang lezat, kenali dulu yuk bagian-bagian daging agar Anda pun tak salah mengolahnya.

 

Sengkel atau Shank

Adalah bagian kaki kambing dari paha sampai betis. Bagian daging ini lebih keras dibanding bagian lainnya seingga sangat cocok digunakan untuk masakan yang dimatangkan lama di atas api kecil. Cocok untuk hidangan kari, semur, sop atau soto.

 

Panggul atau Lamb Leg

Punya tekstur yang lebih lunak dibanding sengkel, bagian kambing ini cocok dijadikan sate atau tongseng kambing. Selain itu aroma khas kambing di bagian panggul tidak terlalu kuat karena mengandung lemak yang lebih sedikit dibanding bagian perut.

 

Bagian Perut Has Luar atau Sirloin

Ingin bagian daging yang empuk dan sedikit berlemak? Bagian inilah yang Anda cari. Lemak yang masih menempel membuat daging kambing akan lebih terasa bila dijadikan steak atau rendang. Dan jika Anda ingin menyamarkan bau ‘prengus’ khas kambing akibat lemak yang masih menempel, cobalah tips ini.

 

Bagian Perut Has Dalam atau Tenderloin

Kalau mencari bagian daging kambing yang empuk, tenderloin lah pilihan yang tepat. Tenderloin tidak punya lemak dan lebih empuk dibanding sirloin atau bagian yang lain mangkanya lebih cepat matang saat dimasak. 

 

Iga atau Ribs

Ini dia bagian yang paling dicari banyak orang saat mau barbeque-an atau masak sop. Daging yang masih menempel di tulang juga mengandung lemak sehingga terasa empuk dan lebih gurih saat dimasak. Oles juga iga kambing dengan Palmia Margarin Serbaguna untuk rasa yang lebih nikmat saat di bakar setelah dimarinasi ya.

 

Nah, dari sini Anda bisa lebih tau bagian mana yang cocok untuk dimasak menjadi hidangan tertentu kan. Anda ingat-ingat saja kalau daging yang mendekati kaki pasti teksturnya akan lebih keras atau alot dan daging yang mendekati area perut pasti akan lebih empuk.

 


Upload Resep Andalanmu

Beli Produk Palmia