Begini Cara Mengolah Bayam Menjadi Makanan Sehat

Sayur bayam pasti tidak asing di telinga Anda, sayuran hijau ini bisa dikonsumsi dengan cara direbus, ditumis atau dijadikan keripik. Tetapi tahu kah Anda, salah mengolah bayam bisa mengakibatkan sayuran ini berbahaya untuk dikonsumsi. Lalu bagaimana cara mengolah bayam menjadi makanan sehat? Simak dalam artikel berikut.

 

Memasak dengan waktu singkat

Agar kandungan nutrisi dalam bayam tetap terjaga, masaklah bayam dengan cara direbus, dikukus, atau ditumis sebentar saja. Kabar baiknya, memasak bisa meningkatkan kandungan vitamin A dalam bayam.  Saat akan merebus bayam, pastikan air telah mendidih lalu rebus bayam selama satu menit saja. Sehingga daunnya masih terlihat hijau. Jika bayam akan ditumis, tumislah bayam menggunakan Palmia Margarine Serbaguna dengan irisan bawang putih selama satu menit saja dalam api besar sehingga bayam akan cepat matang dan masih berwarna hijau.

 

Gunakan panci stainless steel

Ada baiknya tidak menggunakan panci besi atau aluminium saat memasak bayam. Panci stainless steel adalah wadah terbaik saat memasak bayam. Kandungan zat besi dalam bayam akan bereaksi dengan panci besi atau aluminium sehingga bayam akan lebih cepat berubah warna jadi kehitaman.

 

Penyajian Bayam

Agar bayam tetap jadi makanan sehat, setelah direbus atau ditumis dengan Palmia Margarine Serbaguna, konsumsi bayam sesegera mungkin.  Hindari mengkonsumsi bayam yang sudah dari 5 jam dimasak. Karena senyawa nitrat yang ada di dalamnya akan berubah jadi nitrit setelah terpapar udara terlalu lama dan bersifat racun. Bayam yang telah dimasak tidak boleh dihangatkan karena kandungan zat besi yang ada dalam bayam akan teroksidasi menjadi racun bagi tubuh.


Upload Resep Andalanmu