Beda Jenis Sayuran, Beda Juga Potongannya

 

Memang terdengar sepele tapi mengetahui jenis potongan sayuran bisa membantu Anda dalam proses memasak hidangan yang lezat. Apalagi bila Anda ingin mencoba hidangan western, Anda akan lebih sering menemui resep berbahasa Inggris dengan istilah-istilah memasak yang kurang umum kita gunakan. Agar Anda tidak salah instruksi saat mencoba resepnya, ketahui yuk jenis potongan sayuran berikut ini.

 

Potongan Bentuk Balok/Persegi Panjang

Ada beberapa sebutan untuk jenis potongan sayuran menyerupai balok atau persegi panjang ini dan dapat dibedakan dari ukurannya, yaitu:

  • Julienne :  potongan ini berukuran 0,3 cm x 0,3 cm x 6,3 cm. Sangat tipis sehingga sering digunakan untuk memotong wortel atau lobak putih sebagai garnish.
  • Allumette :  berukuran 0,6 cm x 0,6 cm x 6,3 - 7,2 cm dan lebih tepat untuk disebut potongan korek api karena ukurannya yang sama dengan korek api.
  • Jardiniere : punya ukuran 1 cm x 1 cm x 3 cm, biasanya digunakan untuk sayuran akar seperti kentang, wortel, lobak, ubi, dan lain-lain.
  • Batonnet : menjadi awal dari bentuk potongan lain, batonnet punya ukuran 1,3 cm x 1,3 cm x 6,3 - 7,2 cm.

 

Potongan Bentuk Dadu

Untuk jenis potongan sayuran ini pun punya sebutan tersendiri  sesuai dengan ukurannya, yaitu:

  • Brunoise : berukuran 0,3 cm x 0,3 cm x 0,3 cm adalah ukuran dadu yang paling kecil. Anda bisa memulai dengan menggunakan potongan Julienne kemudian tinggal dipotong melintang. 
  • Macedoine : adalah ukuran dadu yang umum dan jadi pilihan tepat untuk digunakan bila resep yang Anda baca hanya menginstruksikan ‘potong dadu’. Berukuran 1,3 cm x 1,3 cm x 1,3 cm, Anda bisa mulai memotong sayuran dengan jenis potongan Batonnet lalu dipotong melintang.
  • Large Dice : ini adalah ukuran ukuran dadu paling besar dan biasanya digunakan untuk potongan buah seperti semangka/melon atau sayuran sop yang memang cukup untuk satu suapan. Bila dikira-kira, ukurannya adalah 2 cm x 2 cm x 2 cm.

 

Potongan Mengiris-iris

Bila potongan sebelumnya lebih cocok untuk sayuran bertekstur keras, jenis potongan ini cocok untuk sayuran daun. Seperti sawi putih, lettuce, bayam, dan kol. Jenis potongan sayuran ini juga dapat dibedakan menjadi dua, yaitu:

  • Chiffonade : irisan sayuran yang menghasilkan bentuk sayuran memanjang dan tipis kurang lebih 1 - 2 mm.
  • Shred : lebih mengacu pada potongan tipis yang dihasilkan dari parutan.

 

Potongan Mencincang

Karena tidak memiliki bentuk atau ukuran yang tidak beraturan sehingga jenis potongan ini hanya dibedakan dari halus dan kasarnya hasil mencincang. 

  • Minced : punya hasil mencincang yang lebih halus dari chopped, biasanya Anda akan melakukan jenis potongan minced untuk memotong bawang putih. Sedangkan.
  • Chopped : punya hasil potongan yang masih agak terlihat teksturnya. Biasanya dilakukan untuk memotong bawang bombay yang akan ditumis.

 

Setelah mengetahui jenis potongan sayuran di atas, yuk langsung praktikan, Palmia Fans. Cobalah membuat hidangan yang sederhana terlebih dahulu untuk melatih tangan Anda. Seperti membuat hidangan sayuran yang ditumis dengan Palmia Margarin Serbaguna dalam artikel berikut Inspirasi Resep Sayur Tumis Untuk Makan Siang Anak sambil mengingat-ingat nama dan bentuk potongannya.

 


Upload Resep Andalanmu

Beli Produk Palmia