Bahan Masakan Unik Khas Berbagai Daerah

Selain kaya akan rempah yang membuat tiap masakan terasa lezat, Indonesia pun punya banyak bahan masakan andalan. Untuk menambah cita rasa dan kenikmatan hidangan buatanmu, yuk ketahui beberapa bahan masakan khas dari berbagai daerah di Indonesia berikut ini.

 

Tauco Tjap Meong – Cianjur

Bila berkunjung ke Cianjur, tauco Cianjur yang sudah berumur lebih dari satu abad ini adalah oleh-oleh yang wajib anda bawa pulang. Terbuat dari kedelai yang difermentasi, proses pembuatan tauco Cianjur ini bisa mencapai waktu sampai 2 bulan lebih. Apalagi peralatan yang masih menggunakan guci atau gentong serta proses memasak yang masih menggunakan kayu bakar tetap dipertahankan sehingga rasa khasnya masih bertahan dan berkualitas.

Rasa tauco yang gurih sekali juga sering disebut sebagai msg alami dan biasanya digunakan untuk membuat hidangan seperti tumis kangkung tauco atau kreasi Ayam Bumbu Tauco yang menggunakan Palmia Margarin Serbaguna.

 

Andalaiman – Batak

Saking terkenalnya sebagai bumbu dalam hidangan khas Batak, andaliman pun sampai disebut ‘merica Batak’. Bentuknya yang bulat-bulat kecil terlihat seperti lada. Untuk andaliman muda, buahnya berwarna hijau dan menjadi merah bila sudah matang. Selain bisa membeli andaliman yang segar, Anda juga bisa membeli dalam bentuk kering yang berwarna hitam atau pasta. Ingat untuk membeli andaliman berkualitas bagus yang kering, tidak lembab, dan beraroma menyengat. Karena punya cita rasa yang khas yaitu pedas menyengat di lidah namun memiliki aroma citrus yang kuat, hidangan Batak akan terasa berbeda bila tidak menggunakan bumbu andaliman.

 

Petis - Madura

Berbeda dengan terasi yang terbuat dari udang rebon itu sendiri dan dikenal di hampir seluruh wilayah Asia Tenggara, petis sendiri hanya dikenal di Indonesia dan Malaysia dan terbuat dari hasil olahan pindang, kupang atau udang yang dimasak hingga cairan kuahnya menjadi kental dan berbentuk seperti saus yang lebih padat atau pasta. Berbeda dengan petis Surabaya yang terasa manis dan gurih, petis Madura memiliki rasa yang cenderung asin dan warnanya cenderung lebih cerah atau merah kecokelatan.

 

Anda juga harus ingat ya, supaya petis bertahan lama, selalu ambil dengan sendok bersih dan tutup rapat kembali wadah petis lalu simpan dalam lemari pendingin. Petis yang masih berkualitas juga biasanya memiliki aroma yang segar, tekstur yang halus dan tidak ada bintik-bintik putih di permukaannya. Selamat berkreasi dengan bahan-bahan khas berbagai daerah ini ya, Palmia Fans. :)


Beli Palmia diSini