Sponge Cake Lembut dan Mengembang Sempurna

Sponge cake adalah salah satu jenis kue yang bisa dikreasikan jadi berbagai hidangan kue yang lezat dan istimewa. Bagi Anda yang baru pertama belajar membuat kue tentu membuat sponge cake terlihat mudah. Namun ada beberapa hal yang harus Anda cermati karena jika salah langkah malah membuat sponge cake bantet dan tidak mengembang. Padahal sponge cake yang sukses adalah yang bertekstur lembut seperti spons, saat ditekan ringan akan kembali ke bentuk semula. Untuk itu yuk ketahui dulu tips berikut.

 

  1. Sponge cake dibuat dengan menciptakan rongga-rongga udara dalam adonan dan untuk membuatnya, pastikan saat mengocok telur dan gula, gunakan mixer dengan kecepatan tinggi selama kurang lebih 15 menit untuk resep dengan kurang lebih 6 butih telur. Kocok hingga mengembang dan bila mixer diangkat, adonan akan melekat lama diujungnya hingga terjatuh, itu tandanya adonan sudah siap.
  2. Selalu ayak bahan kering seperti tepung sebelum masuk adonan. Biasanya tepung akan menggumpal bila disimpan dalam waktu yang lama, mengayak dapat menghindari penggumpalan tepung dan meringankan massa tepung, jadi cake bisa lebih ringan hasilnya.
  3. Hindari mengaduk adonan dan bahan kering terlalu lama agar adonan tidak mengempis.
  4. Gunakan Royal Palmia Butter Margarin yang sudah meleleh dan bersuhu ruangan atau kurang lebih 36º-37º C. Masukkan bergantian dengan tepung yang sudah diayak agar mudah tercampur dengan adonan sambil selalu diaduk lipat.
  5. Panaskan oven sebelum memanggang dan oven dengan suhu 180° C (± 30-45 menit). Jangan buka tutup pintu oven agar suhu di dalamnya tetap stabil sehingga kue bisa mengembang sempurna dan tidak mengempis.

 

Setelah tahu tips-tips di atas, Anda bisa langsung coba mempraktikan dengan membuat resep Orang Baked Cheese Caked atau Tofu Cheese Cake dari Palmia. Selamat berkreasi ya, Palmia Fans.

 


Upload Resep Andalanmu