Cara Menggunakan Kukusan Bambu untuk Dim Sum yang Lezat

Saat ingin mengukus dim sum, seringkali Anda akan direkomendasikan untuk menggunakan bamboo steamer atau kukusan bambu karena bisa lebih mengeluarkan aroma dim sum. Tapi agar dim sum buatan Anda matang dengan sempurna dan kukusan bambu Anda tetap awet dipakai berkali-kali, yuk ketahui tips ini.

  1. Taruh kukusan bambu ke dalam panci atau wajan, kemudian masukkan air sebatas bagian bawah kukusan. Tapi jangan sampai menyentuh dasar kukusan agar saat mendidih, air tidak menciprat ke dim sum.
  2. Berikan kertas roti tipis sebagai alas di bagian bawah dim sum. Kamu juga bisa menggunakan daun pisang atau daun pandan agar dim sum tidak lengket di kukusan. Penggunaan daun pisang atau daun pandan bisa memberi aroma khas pada dim sum Anda lho. Selanjutnya, berikan lubang kertas roti atau pastikan kertas tidak menutupi seluruh permukaan agar uap tetap bisa mencapai dim sum ya.
  3. Untuk cara membersihkannya memang agak berbeda dengan peralatan masak lain. Agar tidak berjamur dan berbau apek, bersihkan kukusan bambu dengan campuran air sabun dan air hangat lalu usap permukaan kukusan dengan spons halus. Lalu keringkan dan simpan kukusan di tempat yang sejuk. Rendamlah kukusan dalam air hangat bila noda makanan sulit dibersihkan.

Sudah tau cara menggunakan dan merawat kukusan bambu, yuk bikin kreasi dim sum seperti steamed custard bun berbentuk lucu kesukaan si kecil dengan Royal Palmia Butter Margarine.


Beli Palmia diSini