Cara Ampuh Simpan Rempah-Rempah

Bagi kuliner khas Indonesia, rempah-rempah adalah salah satu kunci penting kelezatannya. Bila Anda jarang memperhatikan kondisi dan kesegaran rempah, jangan heran masakan Anda pun jadi kurang sedap. Untuk itu, yuk ketahui cara tepat menyimpan rempah-rempah berharga Anda di dapur rumah.

 

Hindari Sinar Matahari dan Tempat Lembab

Rempah-rempah begitu rentan tumbuh jamur terutama rempah basah seperti kunyit dan jahe sehingga meletakkan di tempat yang mudah terpapar sinar matahari dan lembab sangatlah tidak disarankan. Simpanlah di wadah yang kering.

 

Jangan Dicuci Setelah Dibeli

Sisa air yang menempel di rempah setelah dicuci akan membuat suhu pada rempah jadi rendah dan mempercepat proses pembusukan. Jadi, setelah Anda membeli rempah-rempah, sebaiknya langsung keluarkan dari bungkusannya lalu letakkan pada wadah terbuka dulu tanpa dicuci.

 

Beli Rempah Utuh

Membeli rempah yang sudah jadi bubuk memang terasa lebih praktis tapi sangat rentan bergumpal dan berjamur. Jadi, sebaiknya Anda membeli rempah-rempah secara utuh terutama rempah kering seperti kayu manis dan keluwak karena mampu bertahan berhari-hari. Apalagi untuk kapulaga, rempah ini bisa bertahan lama bahkan hingga 2 tahun tentunya dengan penyimpanan yang tepat seperti yang sudah disebutkan.

 

Perhatikan Jenis Rempahnya

Beda jenis rempah, beda pula cara menyimpannya. Rempah dedaunan kering seperti daun salam, baiknya digantung secara terbalik. Khusus bawang-bawangan, sebaiknya simpan di tempat kering dengan sirkulasi udara yang cukup. Sedangkan untuk rempah kering, simpanlah ditempat yang tertutup rapat.


Selain rempah-rempah, ketahui juga yuk bahan masakan unik khas berbagai daerah di sini. Anda juga bisa berkreasi membuat hidangan istimewa bersama Palmia Garlic Margarin.


Upload Resep Andalanmu